Tuesday, August 15, 2017

Apa itu Asmaul Husna..?



Kata (الأسماء) al-asma adalah bentuk jamak dari kata (الإسم) al-ism yang artinya nama. Ia berasal dari kata (السمو) as-sumuw yang berarti ketinggian, atau (السمة) as-simah yang berarti tanda. Memang nama merupakan tanda bagi sesuatu, sekaligus harus dijunjung tinggi.  
Kata (الحسن) al-husna adalah bentuk muannast dari kata (احسن) ahsan yang berarti terbaik. Secara istilah Asmaul Husna adalah nama-nama yang agung dan dapat dipedomani setiap orang beriman dalam mengemban misinya sebagai hamba dan kholifah fil-ardl. 
Di sisi lain sifat pemberani, merupakan sifat yang baik disandang oleh manusia, namun sifat ini tidak wajar disandang Allah, karena keberanian mengandung kaitan dalam substansinya dengan jasmani dan mental, sehingga tidak mungkin disandangkan kepada-Nya. Ini berbeda dengan sifat kasih, pemurah, adil dan sebagainya. Contoh lain adalah anak cucu. Kesempurnaan manusia adalah jika ia memiliki keturunan, tetapi sifat kesempurnaan manusia ini, tidak mungkin pula disandang-Nya karena ini mengakibatkan adanya unsur kesamaan Tuhan dengan yang lain, di samping menunnjukkan kebutuhan, sedang hal tersebut mustahil bagi-Nya..  berikut merupakan asmaul husna.

No comments:

Post a Comment